Minggu, 05 September 2010


Bill Gates  
     
 
Siapa yang tak tahu Bill Gates?  Dialah orang terkaya di dunia saat ini. Dia juga menjadi donatur yang murah hati. Dia berjasa menciptakan nilai tambah melalui software komputer yang digunakan di seluruh dunia. Dialah pelopor industri software dunia. Mari kita coba mengenal sedikit mengenai Bill Gates.

Bill dilahirkan pada tanggal 28 Oktober 1955 dalam keluarga yang cukup terhormat. Ibunya Mary Gates seorang Guru sekolah dan juga ketua United Way International.
Bill kecil sudah nampak sebagai anak yang pandai dan punya cita-cita tinggi. Dia sangat bagus dalam pelajaran Matematika dan Sains. Orang tuanya menyadari akan kemampuan Bill kecil dan menyekolahkannya di Lakeside, sebuah sekolah swasta yang bagus saat itu. Disinilah Bill pertama kali mengenal komputer.

Pada musim semi 1968, Sekolah Lakeside memutuskan untuk memperkenalkan komputer pada pengurus sekolah.  Pada saat itu komputer masih terlalu besar dan terlalu mahal bagi sekolah untuk dapat membelinya. Lakeside adalah sekolah pertama yang memakai komputer di AS. Untuk itu mereka mengumpulkan dana dan membeli DEC PDP-10 buatan General Electric.

Komputer ini ternyata secara drastis telah memikat beberapa anak di sekolah itu secara luar biasa. Hal ini diluar perkiraan pihak sekolah.  Bill Gates, Paul Allen dan beberapa anak lainnya segera menjadi begitu lekat dengan komputer, seakan tak bisa dipisahkan lagi. Mereka berada di ruang komputer sepanjang siang dan bahkan malam hari, menulis program, membaca literatur dan segala hal yang berhubungan dengan komputer. Akibatnya mereka mendapatkan masalah dengan pelajaran sekolah, seperti telat mengerjakan PR, tidak mengikuti kelas karena ingin selalu di ruang komputer (terus bereksperimen dengan komputer).  Dan yang "terburuk" adalah, mereka telah menghabiskan waktu sewa komputer sekolah itu dalam waktu hanya beberapa minggu. Bill benar-benar antusias dengan komputer baru itu.

Pada akhir tahun 1968 Bill Gates, Paul Allen, Richard Weiland dan Kent Evans membentuk group di garasi rumah Bill, yang bernama "Lakeside Programmers Group". Waktu itu Bill masih kelas 2 SMP dan Paul kelas 1 SMA, tapi mereka sudah punya tujuan yang jelas, yaitu menggunakan keahlian mereka dalam dunia komputer. Inilah awal usaha mereka.

Pada musim semi masih di tahun 1968, Computer Center Corporation, sebuah Perusahaan yang baru berdiri di Seattle, menawarkan penyewaan komputer dengan harga yang menarik. Kebetulan anak kepala programmer perusahaan itu sekolah di Lakeside. Terjadilah "deal" bahwa sekolah boleh menggunakan komputer perusahaan itu. Bill Gates dan kawan-kawannya segera mulai "bereksperimen" lagi dengan komputer ini.

Pada saat itu Computer Center Corporation membutuhkan tenaga programmer untuk memperbaiki sistem keamanan komputer mereka. Karena Bill dan kawan-kawan memiliki keahlian ini, segera saja mereka mendapatkan pekerjaan di Perusahaan ini, padahal waktu itu mereka masih sekolah. Disinilah Bill benar-benar memanfaatkan kesempatan untuk mempelajari programming semaksimal mungkin. Disini mereka dapat menggunakan komputer berjam-jam tanpa bayar (tidak seperti di sekolah Lakeside), bahkan mereka dibayar. Bill dan kawan-kawan sangat antusias dengan pekerjaan barunya ini. Bahkan Bill sampai terkadang tidak tidur karena asyik di depan komputer. Orang tuanya menjadi khawatir, kalau Bill jatuh sakit karenanya. Sampai-sampai ayahnya berniat memisahkan Bill dari komputernya selama beberapa waktu.
Bill menyadari akan masalahnya, yaitu dia keasyikan dengan komputer sehingga kurang konsentrasi pada pelajaran sekolah. Lalu Bill menjadi lebih rajin belajar agar nilai-nilai pelajaran sekolahnya menjadi lebih baik.

Bill sangat menonjol dalam pelajaran matematika sehingga Gurunya waktu itu Fred Wright merekomendasikannya untuk mengikuti kuliah matematika di Universitas, meski dia masih belum lulus SMA. Karena nilainya bagus, Bill pun diterima kuliah di Universitas Washington. Bill sangat aktif dan berusaha menjadi yang terbaik. Pada usia 16 tahun, dia sudah berhasil membeli mobil dari usahanya sendiri. Dia sudah punya "mimpi" akan menjadi miliarder dalam usia 30 tahun. Begitu beraninya Bill menetapkan mimpinya ini. Tapi justru hal inilah yang mendorong dia terus berusaha mewujudkan cita-citanya itu.

Bill dan Paul Allen memang bernasib baik, tidak lama kemudian mereka diterima bekerja sebagai ahli "debugging" (pencari kesalahan program komputer) di TRW sebuah perusaan raksasa Amerika di bidang pertahanan. Jalan emas membentang di depan mereka. Merekapun membentuk satu perusahaan bersama yang bernama "Traf-O-Data. Sebagai akibatnya, mereka harus "cuti" sekolah. Walaupun sibuk, Bill berusaha mendaftar lagi ke Universitas terbaik. Pada musim semi 1973 Bill diterima di Harvard University Cambridge, Massachusett untuk masuk kuliah satu setengah tahun lagi. Universitas Harvard berdiri pada tahun 1636 oleh John Harvard dari Inggris. Ini adalah sekolah bergengsi dan sangat sulit untuk bisa diterima disini.
Bill selalu melihat peluang. Pada waktu itu dia melihat kondisi lalu lintas sering macet pada jam sibuk. Bersama Paul Allen, dia menawarkan program pengatur lalu lintas pada pemerintah daerah. Proposal mereka diterima dan program mereka diuji coba. Ternyata hasilnya baik, lalu lintas menjadi lancar. Pada usia muda Bill sudah sibuk mengisi laporan pajak, karena sudah memang sudah punya bisnis.
Meski sudah berhasil membuat program pengatur lalu lintas, ternyata Bill dan Paul mendapatkan kenyataan pahit. Pemerintah daerah mengatakan tidak lagi membutuhkan mereka karena Pemerintah pusat akan memberikan bantuan gratis kepada pemda. Bill dan Paul sangat kecewa waktu itu. Tapi mereka tak putus asa. Kesedihan dan kekecewaan tak bertahan lama pada orang seperti Bill. Ide-ide inovatif terus mengalir di otak Bill dan Paul, sehingga mereka berhasil menciptakan program baru yang diberi nama BASIC (Beginners's All-Purpose Symbolic Instruction Code). BASIC adalah bahasa pemrograman komputer yang mudah digunakan.
Pada tahun 1974, mereka menawarkan program BASIC untuk digunakan pada Micro Computer pertama di dunia, yaitu : INTEL Altair 8080. Inilah awal kesuksesan mereka berikutnya.
Pada musim panas tahun 1975 Bill dan Paul mendirikan perusahaan baru : MICROSOFT singkatan dari : Microcomputer Software.
Bagaimana cerita selanjutnya? Sabar ya, baca terus web ini.  (bersambung)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar